System Kubah

Secara umum atap terdiri dari dua bagian yaitu, Rangka dan Penutup Atap. 

Rangka Atap

A. Rangka Atap Space Frame

Struktur ruang atau biasa dikenal dengan space frame adalah system struktur yang saat ini banyak sekali digunakan. Hal ini dikarenakan banyaknya kelebihan yang dimiliki system struktur ini seperti ringan dan mempunyai kekuatan yang besar. Menggunakan system struktur space frame yang ringan, kuat, indah dan fleksibel bangunan dengan bentang lebarpun dapat diatapi sekalipun tanpa menggunakan kolom tengah.

SpaceFrame Masjid agung Konawe

– Aplikasi Digunakan pada struktur atap, jembatan, menara, kubah, kanopi, interior dan sebagainya
– Keuntungan
Selain ringan keuntungan system struktur ini adalah :
1. Mampu dipakai pada atap bentang lebar, tanpa kolom tengah.
2. Pemasangan relatif cepat.
3. Perawatannya mudah.
4. Ukuran lebih presisi karena produksi dikerjakan dengan mesin.
5. Tampilan struktur bagus diekspose.
6. Sangat awet. 

-Komponen Struktur

Terbagai atas beberapa bagian :

1. Support, dipasang menggunakan angkur pada kolom atau balok. 

2. Member, atau batang dari pipa baja pada ujung-ujungnya dilengkapi connector cone dan hexagon atau bottle serta baut. 

3. Balljoint, merupakan titik pertemuan antara ujung-ujung batang. Terbuat dari baja mutu tinggi 

– Desain

Menggunakan komputer dengan perangkat lunak STAAD3 untuk mengoptimalisai material sesuai pembebenan yang terjadi. Output dari proses ini selanjutnya diolah untuk mendapatkan dimensi komponen yang sesuai.

– Fabrikasi

Dilakukan dengan menggunakan mesin-mesin modern yang terkomputerisasi dan didukung tenaga terampil berpengalaman, sehingga produk yang dihasilkan mempunyai tingkat presisi yang tinggi.

– Finishing

Dapat dipilih beberapa alternatif, misalnya Hotdip Galvanised, pengecatan (bisa powder coating atau cat biasa), pemolesan (stainless steel), dan sebagainya. Untuk struktur yang sangat terpengarauh oleh iklim, finishing dianjurkan menggunakan Hotdip Galvanised.

– Pemasangan

Komponen-komponen struktur ini sangat mudah dipasang dilapangan karena hanya diperlukan penyetelan baut. Tidak ada lagi pekerjaan pengelasan ataupun pengecoran.

B. Rangka Atap Monocoque Truss System

   Pada intinya rangka atap ini karakternya serupa dengan Space Frame dengan harga lebih ekonomis.

Rangka Monocoque Truss - Masjid Nurul Iman Padang
Rangka Truss GOR Banjarbaru

Penutup Atap

Bicara mengenai penutup atap, kita akan dihadapkan pada permasalahan klise seputar ketahanan terhadap bocor, tampilan luar, keawetan, flesibilitas, serta kemudahan perawatannya. Harus diakui bahwa tidak banyak alternatif penutup atap yang mampu memenuhi criteria tersebut.
Syarat mutlak penutup atap adalah anti bocor. Untuk itu digunakan 2 macam system yaitu double layer untuk proteksi ganda terhadap kebocoran, dan single layer yang harganya lebih ekonomis.Bahan penutup atap harus awet, tahan pengaruh iklim, perawatannya mudah, mereduksi panas dan suara, serta penampilan yang bagus. Untuk memenuhi criteria tersebut, ada beberapa jenis bahan penutup atap :

– Enamel Steel Panel
Merupakan panel atap dari plat baja Low Carbon Steel yang khusus menghasilkan panel dengan keunggulan antara lain : tidak pudar, tahan gores, tahan terhadap api, serta tahan terhadap zat kimia karena dibakar hingga suhu 820 derajat celcius. Untuk menghasilkan panel enamel dengan kuaitas terbaik diawali dengan bahan baku harus menggunakan plat enamel grade, direncanakan dengan shop drawing yang teliti hingga pada posisi lubang baut harus terencana, Cutting-Bending dengan menggunakan mesin-mesin hidrolik, pembersihan dari karat & kotoran hingga bersih sempurna, pelapisan ground coat & cover coat menggunakan system dipping maupun spraying, pemanasan dengan system oven single line dimana pintu masuk & pintu keluar berbeda, serta waktu pemanasan bertahap sampai suhu 820 derajat celcius dan proses pendinginan yang bertahap pula.

Proses Potong Plat Enamel
Proses Tekuk Panel
Oven Enamel
Contoh Bangunan yang menggunakan atap ESP
Masjid Agung Darussalam - Palu

-Zincalume Panel
Adalah panel atap dengan bahan dasar komposit seng, baja, dan aluminium yang tahan karat. Finishing panel ini menggunakan cat yang dalam prosesnya dibakar/dioven hingga 250 derajat celcius. Untuk mereduksi panas dan suara dibawah panel ditambahkan lapisan polyethylene.

Contoh Bangunan yang menggunakan atap Zincalume Panel
Masjid Nurul Iman Padang

– Fiber Reinforced Plastic (FRP)
Yaitu penutup atap berbahan resin dan serat kaca yang memungkinkan dibentuk dan diberi motif serta warna sesuai dengan keinginan. Di sisi luarnya dilapisi bahan khusus yang tahan ultra violet sehingga warna dan materialnya tetap awet.

Contoh Bangunan yang menggunakan atap FRP
Gedung Kantor Bupati Sampit - Kaltim

– Bitumen Shingle
Berbahan dasar bitumen dan fiberglass, diatasnya dilapisi bahan yang menarik dipandang misalnya granular (taburan keramik) dan tembaga. Pemasangan dan penampilannya seperti atap sirap (shingle roof). Bitumen shingle dengan lapisan tembaga, warna penutup atap yang dihasilkan adalah coklat tua yang lambat laun berubah menjadi hijau. Untuk atap type ini, kami menggunakan Tegola-Itali atau Top Shingle-New Zealand.

Contoh Bangunan yang menggunakan atap Bitumen Shingle
Masjid Agung Sampang
Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 3 pelanggan lain